Minggu, 21 Februari 2010

Kenapa Modem Wireless Cepat Panas?

04.28 by BLECKURANT ·
Label:

Menyambung pembahasan sebelumnya tentang "Internetan Menggunakan Mobi", artikel saya kali ini akan mengulas salah satu penyebab modem wireless bisa cepat panas yang mungkin juga dialami oleh temen2 yang berinternetan menggunakan modem wireless.

Untuk sekedar tau modem wireless yang saya gunakan adalah modem Mobi Pantech PX 500 PCMIA dan tentu saja saya menggunakan provider Mobi atau Mobile Broadband Internet keluaran mobile-8 sebagai koneksinya.

Pada awalnya saya menggunakan modem tersebut di tempat diluar jangkauan EVDO akan tetapi memiliki signal yang kuat, seenggak2nya signal mencapai 3 strip bahkan sampai signal full. Hmmmm...saya tentu saja tidak ada masalah dengan rata2 signal sebagus itu walaupun kadang2 koneksi putus2 akan tetapi putus2 bukan karena tidak ada signal mungkin untuk masalah ini saya kira problem pada providernya atau masalah pembagian bandwidth dalam sesama pemakai Mobi dalam satu area. Kembali lagi ke bahasan, dengan signal yang bagus itu saya periksa modem Pantech 500 PCMIA tidak terlalu panas (tidak panas bukan berarti modem tetap dingin) atau suhunya masih standard lah untuk ukuran pemakaian modem selama berjam-jam.

Beberapa hari berikutnya saya berkunjung ke suatu tempat (dalam satu kota) untuk tinggal disana selama beberapa hari. Tentu saja saya turut membawa laptop kesayangan saya beserta teman2ny (mouse, mousepad, modem, coolpath), setelah saya nyalakan dan mencoba internetan menggunakan modem yang sama ternyata saya mendapat signal yang sangat lemah, bahkan untuk mendapatkan signal 1 strip pun susah. Pada awalnya sih saya kira dengan signal sekecil itu tidak dapat connect ke internet, tapi ternyata masih bisa walaupun dari signal sangat lemah. Akan tetapi diluar itu saya juga mendapati modem saya yang relatif cepat panas sewaktu digunakan jika dibandingkan dengan ketika digunakan pada tempat sebelumnya.

Dari sini saya menyimpulkan bahwa kekuatan signal yang didapat juga berpengaruh pada suhu modem itu sendiri karena selama modem digunakan pada daerah yang sulit mendapat signal tentusaja dia bekerja keras untuk bisa mendapatkan signal akan tetapi beda halnya jika modem digunakan pada daerah yang mudah mendapatkan signal. Kenapa? karena jika digunakan pada daerah yang mudah memperoleh signal maka modem tidak perlu bekerja keras untuk mendapatkan signal oleh sebab itu suhu modem pun masih normal.

NOTE: Pada kasus ini saya menggunakan modem Mobi Pantech PX 500 PCMIA

Artikel Terkait:

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar


obamabush

Membangun DNS Server

Pada artikel ini akan membahas bagaimana membangun sebuah server Domain Name Systems atau biasa disebut dengan DNS pada linux Ubuntu (dalam hal ini menggunakan Ubuntu 7.10),[...]
beyone

Membangun Apache Web Server

Apache selama bertahun-tahun menjadi pilihan pengguna linux. Disamping bersifat open source, Apache mudah dikonfigurasi, performa dan keamanan cukup baik, [...]
Guns N 'Roses

Serangan XSS (Cross Site Scripting)

XSS adalah singkatan dari kata Cross-Site Scripting yang artinya script yang dijalankan dengan memanfaatkan perantara. XSS tidak menyerang korban secara langsung namun memanfaatkan perantara untuk melakukannya [...]
ipod

Bagaimana Memilih Sebuah Franchise

Dalam artikel kali ini saya mencoba share pengetahuan tentang bagaimana dalam memilih franchise. Mungkin hal ini akan berguna bagi rekan-rekan sekalian yang ingin membangun atau membeli sebuah franchise.[...]
Guns N 'Roses

Komponen Pembangun Touch Screen

Touch screen merupakan sebuah perangkat keras yang mirip seperti monitor komputer tetapi mempunyai kelebihan dibandingkan monitor biasa. Layar sentuh atau dalam bahasa Inggrisnya Touchscreens, touch screens, touch panels atau touch screen panels adalah [...]
Guns N 'Roses

Media Transmitter Dalam Jaringan Komputer

Melanjutkan artikel saya sebelumnya yang berjudul "Mengenal Perangkat Keras Jaringan", artkel saya kali ini akan membahas media transmitter bagi perangkat keras tersebut. Media penghubung atau transmitter pada suatu jaringan [...]

Live Chat

Followers