Minggu, 17 Januari 2010

Bagaimana Memilih Sebuah Franchise (Waralaba)

07.18 by BLECKURANT ·
Label: ,

Dalam artikel kali ini saya mencoba share pengetahuan tentang bagaimana dalam memilih franchise yang saya baca dari buku karangan Agnes Yo. Mungkin hal ini akan berguna bagi rekan-rekan sekalian yang ingin membangun atau membeli sebuah franchise. Ok langsung saja hal-hal yang mesti anda perhatikan dalam memilih franchise/waralaba diantaranya:

1. Berapa lama usaha tersebut telah berjalan dan berapa lama usaha tersebut diwaralabakan.

2. Kesehatan keuangan dan rekam jejak yang baik atas usaha tersebut. anda bisa mencarinya melalui mesin pencari di internet (www.google.com) maupun dari referensi buku maupun majalah yang berhubungan dengan usaha dan bisnis (salah satunya adalah majalah FRANCHISE). Anda juga jangan melewatkan rubrik opini dan komentar pembaca mengenai franchise tersebut. Anda akan mendapatkan ungkapan jujur mengenai sebuah usaha franchise yang akan anda ikuti.

3. Berapa banyak cabang dari franchise tersebut yang beroperasi. Pehatikan juga penyebaran di daerahnya dan kemana saja ekspansinya.

4. Nilai produk yang diwaralabakan untuk melihat kemampuan bertahan produk/jasa dalam jangka panjang. Anda harus mencermati apakah franchise tersebut akan terpengaruh oleh perguliran teknologi yang senantiasa berganti, seberapa banyak pesaing yang ingin memasuki pasar, dll.

5. Keharusan untuk membeli bahan baku dari pewaralaba. Asal tau saja, ada beberapa pewaralaba mewajibkan terwaralaba membeli bahan baku dibeli dari pihak mereka. Anda harus menghitung, apakah skema ini menguntungkan atau merugikan anda.

6. Jenis promosi yang dilakukan oleh pihak pewaralaba. Anda harus menyimak apakah promosi tersebut sesuai dengan target pasar.

7. Sebaiknya anda melihat lebih dulu contoh kontrak yang akan disetujui. Anda harus mempelajari dengan sungguh-sungguh kontrak tersebut karena sifatnya mengikat.

8. Hitungan rugi atau laba harusnya bisa diproyeksikan secara realistis. Sekedar tambahan saja, biasanya pihak pewaralaba (si empunya franchise) memproyeksikan secara gamblang tentang harga produksi yang harus anda keluarkan dan harga jual terhadap suatu produk, sehingga memungkinkan anda untuk mengetahui berapa keuntungan yang anda peroleh dalam menjual setiap produk.

9. Batasan-batasan pihak pewaralaba untuk kegiatan operasi dan keuangan.

10. Adanya omset yang ditetapkan oleh pihak pewaralaba untuk kegiatan operasi dan keuangan.

11. Batasan-batasan bagi terwaralaba untuk melakukan penyesuaian ataupun modifikasi terhadap sistem yang berlaku.

12. Kebijakan pelatihan yang diberikan oleh pewaralaba kepada terwaralaba, periode dan frekuensinya. Anda harus mencermati ini agar bisa memahami secara baik dan benar.

13. Besarnya dukungan yang dapat diberikan dalam mendukung kegiatan operasional rutin dari usaha waralaba/franchise tersebut.

14. Adakah keperluan investasi tambahan yang signifikan untuk meng-update fasilitas ataupun peralatan dimasa mendatang.

15. Adanya biaya-biaya tambahan yang diperlukan untuk mendapat fasilitas dan dukungan bagi operasional usaha franchise / waralaba di masa mendatang.

16. Pengalaman dan keahlian utama dari pewaralaba dalam bidang usaha yang diwaralabakan.

17. Apakah lisensi franchise dapat dilimpahkan atau dijual kepihak lain.

18. Persyaratan ataupun kondisi untuk mengakhiri sebuah kontrak.

19. Ketentuan mengenai ahli waris apabila pemegang franchise tidak mampu menjalankan usahanya.

20. Kebijakan pemilik waralaba/franchise mengenai berapa banyak franchise yang diperkenankan dalam sebuah teritori untuk mengindari persaingan antar franchise yang memiliki brand yang sama.

21. Apakah jenis franchise memerlukan perlindungan hukum dan asuransi tertentu. Misalnya pembuangan limbah yang berisiko mencemari lingkungan, ataupun kesalahan resep makanan yang berpotensi mengganggu kesehatan konsumen.

Artikel Terkait:

1 komentar:

Arman mengatakan...
4 Agustus 2011 18.45

sip, keren, pengin bisnis franchise ah, ;;)

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar


obamabush

Membangun DNS Server

Pada artikel ini akan membahas bagaimana membangun sebuah server Domain Name Systems atau biasa disebut dengan DNS pada linux Ubuntu (dalam hal ini menggunakan Ubuntu 7.10),[...]
beyone

Membangun Apache Web Server

Apache selama bertahun-tahun menjadi pilihan pengguna linux. Disamping bersifat open source, Apache mudah dikonfigurasi, performa dan keamanan cukup baik, [...]
Guns N 'Roses

Serangan XSS (Cross Site Scripting)

XSS adalah singkatan dari kata Cross-Site Scripting yang artinya script yang dijalankan dengan memanfaatkan perantara. XSS tidak menyerang korban secara langsung namun memanfaatkan perantara untuk melakukannya [...]
ipod

Bagaimana Memilih Sebuah Franchise

Dalam artikel kali ini saya mencoba share pengetahuan tentang bagaimana dalam memilih franchise. Mungkin hal ini akan berguna bagi rekan-rekan sekalian yang ingin membangun atau membeli sebuah franchise.[...]
Guns N 'Roses

Komponen Pembangun Touch Screen

Touch screen merupakan sebuah perangkat keras yang mirip seperti monitor komputer tetapi mempunyai kelebihan dibandingkan monitor biasa. Layar sentuh atau dalam bahasa Inggrisnya Touchscreens, touch screens, touch panels atau touch screen panels adalah [...]
Guns N 'Roses

Media Transmitter Dalam Jaringan Komputer

Melanjutkan artikel saya sebelumnya yang berjudul "Mengenal Perangkat Keras Jaringan", artkel saya kali ini akan membahas media transmitter bagi perangkat keras tersebut. Media penghubung atau transmitter pada suatu jaringan [...]

Live Chat

Followers