Minggu, 10 Januari 2010

McDonald's : Kinerja Melorot, Peringkat akan Melorot

13.44 by BLECKURANT ·
Label: , ,

Tak Banyak yang tau kinerja McDonald's mengalami kemerosotan yang serius antara tahun 2001 hingga 2004, meski dalam periode tersebut McDonald's tetap bertengger di Top 10 dalam Fanchise500 versi majalah Etrepreneur di Amerika Serikat. Namun pada tahun 2005 McD makin melorot hingga ke peringkat ke-13 dan tahun 2006 turun lagi menjadi peringkat ke-16. Informasi mengenai kemerosotan kinerja McD diungkap Larry Light mantan Chief Marketing Officer McD 2002-2005. Saham McD pada bulan Maret 1999 mencapai USD 45.31. Di bulan September 2002 menjadi USD 17.66. Pada tanggal 12 Maret 2003 sahamnya melorot lagi kebawah USD 13.

Merosotnya kinerja saham McD "diikuti" dengan melorotnya peringkat raksasa waralaba ini dalam Franchise 500. Yang menarik disini, peringkat mcD dalam Franchise 500 ditahun 2005 dan 2006 terlihat makin buruk (menjadi peringkat ke13 dan ke-16). Padahal saham McD sudah naik menjadi USD 32.06 di akhir 2005 dan USD 34 di akhir 2006. Meski demikian, perlahan tapi pasti, sesudah itu peringkat McD naik kembali hingga mencapai peringkat ke-2 di tahun 2009, mengikuti kinclongnya kinerja saham McD, yang mencapai USD 61 di akhir 2009.

Dari fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan hanya sebagian dari keseluruhan kriteria pemerigkatan dalam Franchise 500, dan pemeringkatan terkesan agak terlambat dalam memberikan gambaran mengenai pergerakan kinerja keuangan.Hal ini mungkin dikarenakan faktor ekspansi dan peningkatan total omset "menutupi" merosotnya kinerja masing-masing gerai untuk sementara waktu.

Beberapa Kesalahan Utama McDonald's
Berikut ini beberapa kesalahan utama yang diidentifikasi dan berhasil diperbaiki oleh tim manajemen dalam periode 2002-2008 sehingga McD berhasil bangkit dari situasi kritisnya:

1. Kecepatan ekspansi yang terlalu tinggi menjelang tahun 2000. Pembukaan gerai saat itu diperkirakan ekivalen dengan pembukaan satu gerai setiap 4 jam! (hasilnya memang memukau dan menempatkan McD di peringkat atas Franchise 500, namun ternyata pada kecepatan ini McD tidak berhasil menjaga standar kualitas dan kepuasan pelanggan).

2. Terlalu percaya diri dengan standard design gerainya (yang kemudian disadari terlalu kuno, terlalu berorientasi pada anak-anak, serta tidak mengikuti perkembangan persaingan dan perubahan tuntutan pelanggan).

3. Kegagalan memperbaiki kualitas makanan dan minumannya, yang bahkan cenderung terus menurun kualitasnya karena upaya menekan biaya bahan baku dan operasional.

4. Kegagalan membangun kebanggaan para karyawan pada perusahaan dan brand McD.

5. Kegagalan membangun pengalaman positif bagi pelanggan; konon salah satu kejadian yang sering terjadi adalah salah saji (tidak sesuai order) sehingga menimbulkan kejengkelan pada para pelanggan.

6. Beberapa gerai McD bahkan (sulit dipercaya tapi diakui oleh Larry light) memiliki toilet yang sangat jorok dalam periode kritis tersebut.

7. Pembeli bukanlah pelanggan loyal; mereka datang ke McD bukan karena menyukai makanan maupun suasananya, melainkan karena harga murahnya. Ini menyebabkan McD makin terjebak dalam permainan "harga murah" dan gagal menjaga kualitas.

Selain ketujuh hal diatas mereka juga menghentikan kegiatan mengevaluasi kinerja gerai di tengah kemrosotan kinerja itu. Sehingga kegiatan mengevaluasi kinerja gerai ini dilakukan kembali oleh tim kemudian berhasil menyelamatkan "busur emas" ini dari kondisi yang sangat kritis.

Dikutip dari majalah Franchise edisi 12 Desember 2009

Artikel Terkait:

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar


obamabush

Membangun DNS Server

Pada artikel ini akan membahas bagaimana membangun sebuah server Domain Name Systems atau biasa disebut dengan DNS pada linux Ubuntu (dalam hal ini menggunakan Ubuntu 7.10),[...]
beyone

Membangun Apache Web Server

Apache selama bertahun-tahun menjadi pilihan pengguna linux. Disamping bersifat open source, Apache mudah dikonfigurasi, performa dan keamanan cukup baik, [...]
Guns N 'Roses

Serangan XSS (Cross Site Scripting)

XSS adalah singkatan dari kata Cross-Site Scripting yang artinya script yang dijalankan dengan memanfaatkan perantara. XSS tidak menyerang korban secara langsung namun memanfaatkan perantara untuk melakukannya [...]
ipod

Bagaimana Memilih Sebuah Franchise

Dalam artikel kali ini saya mencoba share pengetahuan tentang bagaimana dalam memilih franchise. Mungkin hal ini akan berguna bagi rekan-rekan sekalian yang ingin membangun atau membeli sebuah franchise.[...]
Guns N 'Roses

Komponen Pembangun Touch Screen

Touch screen merupakan sebuah perangkat keras yang mirip seperti monitor komputer tetapi mempunyai kelebihan dibandingkan monitor biasa. Layar sentuh atau dalam bahasa Inggrisnya Touchscreens, touch screens, touch panels atau touch screen panels adalah [...]
Guns N 'Roses

Media Transmitter Dalam Jaringan Komputer

Melanjutkan artikel saya sebelumnya yang berjudul "Mengenal Perangkat Keras Jaringan", artkel saya kali ini akan membahas media transmitter bagi perangkat keras tersebut. Media penghubung atau transmitter pada suatu jaringan [...]

Live Chat

Followers